Selasa, 28 Februari 2012

Daftar Pemenang Oscar 2012



Minggu (26/2) waktu Amerika Serikat (AS), perhelatan akbar di dunia perfilman digelar. Academy Awards ke-84 digelar di Khodak Theater, Hollywood.
Penghargaan ini adalah penghargaan tertinggi di industry perfilman. Dan perhelatan ini, tentunya, juga menjadi perhelatan terakbar. Berdiri di anggung Academy Awards sebagai pemenang adalah dambaan seluruh insan perfilman Hollywood.
Lalu, siapa kah insan perfilman yang beruntung menggenggam Piala Oscar ke-84 tahun 2012 ini? Berikut Redaksi Mizan.com telah mendaftar nama-nama kategori dan pemenang Academy Awards 2012.

Best Picture                                    : "The Artist"
Best Director                                   : Michel Hazanavicius - "The Artist"
Best Actor                                       : Jean Dujardin - "The Artist"
Best Actress                                    : Meryl Streep - "The Iron Lady"
Best Supporting Actor                        : Christopher Plummer - "Beginners"
Best Supporting Actress                    : Octavia Spencer - "The Help"
Best Writing - Original Screenplay      : "Midnight in Paris" - Woody Allen
Best Writing - Adapted Screenplay   : "The Descendants" - Alexander Payne, Nat Faxon, and Jim Rash
Best Animated Feature                     : "Rango"
Best Foreign Language Film              : "A Separation"
Best Documentary – Feature             : "Undefeated"
Best Documentary - Short Subject     : "Saving Face"
Best Live Action Short Film               : "The Shore"
Best Animated Short Film                 : "The Fantastic Flying Books of Mr. Morris Lessmore"
Best Original Score                           : "The Artist" - Ludovic Bource
Best Original Song                           : "The Muppets" - "Man or Muppet" by Bret McKenzie
Best Sound Editing                          : "Hugo" - Philip Stockton and Eugene Gearty
Best Sound Mixing                          : "Hugo" - Tom Fleischman and John Midgley
Best Art Direction                            : "Hugo" - Dante Ferretti and Francesca Lo Schiavo
Best Cinematography                      : "Hugo" - Robert Richardson
Best Makeup                                  : "The Iron Lady" - Mark Coulier and J. Roy Helland
Best Costume Design                     : "The Artist"
Best Film Editing                          : "The Girl with the Dragon Tattoo (2011)" - Angus Wall and Kirk Baxter
Best Visual Effects                         : "Hugo" - Rob Legato, Joss Williams, Ben Grossmann and Alex Henning.

Minggu, 26 Februari 2012

Arti Sebuah Kesempurnaan


Ada kisah inspiratif yang bisa menyentil kita nich, aku sharing yach, moga bermanfaat. Orang Londo sich bilangnya DON'T JUDGE A BOOK BY ITS COVER... nah kalo orang kebanyakan bilangnya Jangan Lihat cuma luarnya aja hehe..ntar ketipu...
Buat yang senantiasa bilang mau cari yang sesempurna mungkin,  hati-hati yach..
Buat yang  udah ngerasa dapet yang paling sempurna.. Yakin Loe??? hehe
Happy reading Frenzzz

 Seorang lelaki yg sangat tampan dan sempurna merasa bahwa Tuhan pasti menciptakan seorang perempuan yg sangat cantik dan sempurna pula untuk jodohnya. Karena itu ia pergi berkeliling untuk mencari jodohnya. Kemudian sampailah ia disebuah desa. Ia bertemu dengan seorang petani yg memiliki 3 anak perempuan dan semuanya sangat cantik. Lelaki tsb menemui bapak petani dan mengatakan bahwa ia ingin mengawini salah satu anaknya tapi bingung mana yang paling sempurna.

Sang Petani menganjurkan untuk mengencani mereka satu persatu dan si Lelaki setuju. Hari pertama ia pergi berduaan dgn anak pertama.

Ketika pulang,ia berkata kepada bapak Petani,” Anak pertama bapak memiliki satu cacat kecil, yaitu jempol kaki kirinya lebih kecil dari jempol kanan.”

Hari berikutnya ia pergi dgn anak yang kedua dan ketika pulang dia berkata,”Anak kedua bapak juga punya cacat yang sebenarnya sangat kecil yaitu agak juling.”

Akhirnya pergilah ia dengan anak yang ketiga. begitu pulang ia dengan gembira mendatangi Petani dan berkata,”inilah yang saya cari-cari. Ia benar-benar sempurna.” Lalu menikahlah si Lelaki dgn anak ketiga Petani tersebut.

Sembilan bulan kemudian si Istri melahirkan. dengan penuh kebahagian, si Lelaki menyaksikan kelahiran anak pertamanya. Ketika si anak lahir, Ia begitu kaget dan kecewa karena anaknya sangatlah jelek. Ia menemui bapak Petani dan bertanya “ Kenapa bisa terjadi seperti ini Pak. Anak bapak cantik dan saya Tampan, Kenapa anak saya bisa sejelek itu..?””

Petani menjawab,” Ia mempunyai satu cacat kecil yang tidak kelihatan . Waktu itu Ia sudah hamil duluan.....”

Kadangkala saat kita mencari kesempurnaan, yang kita dapat kemudian kekecewaan. Tetapi kala kita siap dengan kekurangan, maka segala sesuatunya akan terasa istimewa.

Masih pantaskah aku berduka untuk sahabatku Andriani




Hari ini mendung, sama seperti hari hari sebelumnya.  Tak sampai berapa lama, gerimis pelan menari mengikat pagi dengan derainya yang mendamaikan.
Hm, tak tergesa, kucoba beranjak  dari kursi malasku. Hari ini aku off, masih tersisa sekelumit  masalah yang memenuhi fikiranku. Agak terganggu, tapi kucoba menepisnya sejenak, paling tidak menepikannya untuk sementara.

Tak ada yang berbeda, bahkan firasatpun tidak, selain  getaran handphoneku yang tak lekas berhenti.
Aku sengaja meniadakan bunyian bila sedang tak ingin diganggu.

Tepat jam 2 siang, handphoneku kembali bergetar, dari  nomor yang sudah tak asing lagi.
Tak siap, kutekan tombol OK dan mendengarkan suara diseberang dengan sedikit penasaran.
Innalillahi wainnalillahirojiun. Ternyata itu khabar duka.Khabar tentang berpulangnya salah satu sahabat terbaikku yang pernah ada. 
Tak banyak yang kudapat darinya, tak sabar kutelfon nomor yang kuingat luar kepala, diangkat oleh seorang pria yang kukenal sebagai suami sahabatku. Ditangah pembicaraan, tak dapat kutahan airmataku.

Mungkin bagi ku , bagi kami, khabar ini terasa begitu tiba-tiba, tapi siapa yang bisa mengira umur manusia ???

Ya Tuhan, masih pantaskah aku memanggilmu sahabat, bahkan sakitmupun aku tak pernah tahu.
masih benarkah kita berteman, bila  sekedar bertukar khabarpun  terasa aneh kita lakukan.
Entahlah, di hatiku, kau masih tetap sahabat terbaikku, dan aku tak pernah ragu itu.

Buat sahabatku, yang sekarang telah tenang dalam dekapanNya, semoga kau bahagia ditempatmu yang baru.
Semoga kau memaafkan ketidaktahuanku dan ketidakpedulianku

Untuk Semua Ayah dan Suami


Seorang lelaki berdoa: "Oh Tuhan, saya tidak terima. Saya bekerja begitu keras di kantor, sementara istri saya enak-enakan di rumah. Saya ingin memberinya pelajaran, tolonglah ubahlah saya menjadi istri dan ia menjadi suami."

Tuhan merasa simpati dan mengabulkan doanya. Keesokan paginya, lelaki yang telah berubah wujud menjadi istri tersebut terbangun dan cepat-cepat ke dapur menyiapkan sarapan. Kemudian membangunkan kedua anaknya untuk bersiap-siap ke sekolah.

Kemudian ia mengumpulkan dan memasukkan baju-baju kotor ke dalam mesin cuci. Setelah suami dan anak pertamanya berangkat, ia mengantar anaknya yang kecil ke sekolah taman kanak-kanak. Pulang dari sekolah TK, ia mampir ke pasar untuk belanja. Sesampainya di rumah, setelah menolong anaknya ganti baju, ia menjemur pakaian dan kemudian memasak untuk makan siang.

Selesai memasak, ia mencuci piring-piring bekas makan pagi dan peralatan yang telah dipakai memasak. Begitu anaknya yang pertama pulang, ia makan siang bersama kedua anaknya. Tiba-tiba ia teringat ini hari terakhir membayar listrik dan telepon. Disuruhnya kedua anaknya untuk tidur siang dan cepat-cepat ia pergi ke bank terdekat untuk membayar tagihan tersebut.

Pulang dari bank ia menyetrika baju sambil nonton televisi. Sore harinya ia menyiram tanaman di halaman, kemudian memandikan anak-anak. Setelah itu membantu mereka belajar dan mengerjakan PR. Jam sembilan malam ia sangat kelelahan dan tidur terlelap.

Tentu masih banyak pekerjaan-pekerjaan kecil lainnya yang belum dikerjakan. Dua hari menjalani peran sebagai istri ia tak tahan lagi.
Sekali lagi ia berdoa, "Ya Tuhan, ampuni aku. Ternyata aku salah. Aku tak kuat lagi menjalani peran sebagai istri. Tolong kembalikan aku menjadi suami lagi."
Tuhan menjawab: "Bisa saja. Tapi kamu harus menunggu sembilan bulan, karena saat ini kamu sedang hamil."

InsyaAllah Ini Calon Buku ke-3 ku.. ( DEAR DIARY.. CURHAT COLONGAN episode PENGAKUANKU


Alhamdulillah dari 110 naskah yang masuk, dan melewati eliminasi 1 dan 2, plus deg2kan nunggu hasil finalnya...
Huuray.. namaku ada di nomer pamungkas dan siap dibukukan.
Thank God.. its worth....
makin semangat.. untuk menulis lagi dan menulis lagi...

PENGUMUMAN FINAL CURCOL-1 'PENGAKUANKU'

Selamat pagi Sahabat Inspirasi-Ku semuanya… Gimana kabar sahabat, masih semangat berkarya kan?Yap.. bagus.. meskipun sahabat menemui sesuatu yang kadang tidak sesuai dengan harapan sahabat, semangat tidak boleh pudar. Seperti beberapa hari yang lalu, saya banyak mendengar keluhan begitu pengumuman eliminasi diposting. Beberapa nama yang muncul di situ langsung mengutarakan kekecewaannya. Bahkan ada yang menunjukkan sikap patah semangat. Jangan sahabat! Sebab pengumuman eliminasi kemarin itu ditujukan bukan untuk mematahkan semangat berkarya, tetapi justru sebaliknya.

Mengetahui tidak lolos lebih awal itu akan lebih baik karena kita menjadi tahu kualitas tulisan kita, di mana letak kekurangannya dan evaluasi kenapa panitia tidak memilih naskah kita. Bahkan bila perlu tanyakan kepada panitia kenapa naskah sahabat tidak lolos. Mungkin metode pengumuman seperti ini pula yang membuat minat mengikuti Curcol-2 terlihat berkurang (mudah-mudahan sih di hari terakhir DL naskah bisa membludak seperti Curcol-1). Saya salut dengan sahabat-sahabat yang begitu mengetahui naskahnya tidak lolos, langsung beraksi : merevisi dan mengirimkan naskahnya ke event lain yang mungkin temanya relevan, atau yang tidak mengisyaratkan tema tertentu. Kecewa mungkin ada, dan itu sangat manusiawi, tetapi mereka mampu mengendalikannya dan merubahnya menjadi peluang baru. Tidak menutup kemungkinan naskah sahabat lolos di event lainnya.

Coba bayangkan kalau pengumumannya baru muncul satu bulan kemudian dan kita tidak lolos? Sudah menunggu lama, naskah mau dimasukkan ke event lain pun mungkin ada yang terlewat DL. Nah, setelah proses Eliminasi I & II tersisa 40 naskah yang melalui tahap penggodogan. Terus terang berat sekali memilih dan memilah 40 naskah ini. Apalagi saya harus memilih 15 saja diantaranya untuk dijadikan naskah pilihan. Maka tahap awal saya pangkas menjadi 2 sehingga 20 naskah dieliminasi. Dan sisanya saya baca ulang beberapa kali karena saya harus memilih 3 pemenang, sekaligus menggeser 5 lagi untuk dieliminasi. Semakin berat!.

 Sebelum saya sampaikan hasil akhirnya, saya ingin menyampaikan banyak terima kasih kepada semua peserta yang berkenan berbagi rahasia yang mungkin selama ini sahabat pendam. Ini bisa jadi cukup berat, tetapi pada akhirnya bisa menjadi jalan untuk meringankan beban yang selama ini dipendam. Semoga saja begitu. Saya juga ingin menyampaikan bahwa tidak ada satupun naskah yang jelek. Semua naskah sangat inspiratif karena saya yakin ditulis dengan segenap hati dan perasaan. Apalagi beberapa naskah kaya akan metapora dan gaya bertutur yang puitis. Indah, dan sangat menakjubkan.

Tetapi, kembali, hanya 15 naskah saja yang harus diambil. Dan inilah para pemenang dan peserta yang lolos dalam CURCOL-1 ‘PENGAKUANKU’ ini :
 Pemenang 1       :               Fanny Y
 Pemenang 2       :               Muhammad Abdurrahman
 Pemenang 3       :               Petra Shandi

 Dan 12 Peserta lainnya ialah :
1 Apriliana Wakhidah
2 Emma Marlinah
3 Endah Tri Anomsar
i4 Endang SSN
5 Erma Rostiana
6 Hermawan W Saputra
7 Nina Rahayu Nadea
8 Sukron jayadi
9 Tha Artha
10 Wahyu Susanto
11 Wirasatriaji
12 Yunita Hentika   

 Selamat kepada para pemenang dan berikut hadiah yang bisa sahabat terima :Hadiah Lomba : * Juara 1 : Uang Tunai Rp. 50.000,- + Paket Buku (tdk bisa memilih) + Disc 30% pembelian di RBPI ( maksimal 3 kali transaksi)** Juara 2 : Paket Buku (tdk bisa memilih) + Disc 30% pembelian di RBPI (maksimal 3 kali transaksi)*** Juara 3 : Paket Buku + Disc 30% pembelian di RBPI (maksimal 2 kali transaksi)*

12 FF pilihan lainnya mendapatkan discount 30% untuk pembelian di RBPI (maksimal 2 kali transaksi) Silakan Inbox alamat untuk pemenang 1-3 (dan nomor rekening untuk pemenang 1)Dan silakan manfaatkan voucher discount 30% belanja di RBPI (hanya untuk pemenang, tidak bisa diwakilkan dan dicairkan dalam bentuk uang) dengan masa berlaku s/d 30 Juni 2012 15 naskah ini akan digabung dan dibukukan dengan naskah pemenang Curcol 2 s/d 4.
Dan para pemenang masih bisa mengikuti edisi Curcol-curcol berikutnya.

Rinduku yang Sungguh Terlalu


Episode Rindu mengharu Biru

Ada perasaan nyeri yang sulit disingkirkan ketika bayangan kalian menyergapku tanpa  jeda.

Sepi, mungkin itulah yang bisa mewakili perasaanku saat ini. Seolah terkurung dalam sangkar yang mirisnya tlah kubangun sendiri. Bilakah  rasa ini menemukan muaranya, tuk sekedar melepas beban yang melanda...?

Ah rasa, masih saja   perih setiap kali aku mengingatnya
Gundah, mungkin itulah yang paling tepat menggambarkannya.

Teringat aku akan sebuah kisah, yang rasanya baru saja meninggalkan jejaknya, yang masih terasa  basah. Kisah ketika setangkup  bahagia menjadi bagian canda kita. Tak ada diksi, tak ada metafora, semuanya nyata. Bahagiaku melihat  wajah- wajah itu, wajah yang selalu mengirimkan sinyal rindu untuk segera bertemu. Ah , akankah  waktu kembali berbaik hati, mempertemukan kita kembali  dalam rasa yang terjaga, penuh cinta pastinya dan segera.

Tak sabar rasanya menunggu musim itu tiba,  musim dimana semua seakan berlomba kembali ke asalnya. Tak peduli betapa jauhnya, mereka pasti akan menemuinya. Sebuah tempat dimana masa kecil seolah penuh dengan tawa gembira, penuh kenangan indah, yang senantiasa membekas di indahnya jiwa.

Tunggu aku.... tunggu kami
Bila waktu  berbaik hati dan Allah meridhoi, rindu ini akan segera menemukan senyumnya.

Untuk Mami,  Papi, dan 4 adekku tersayang Ucin, Dedek, Pipit dan Ayu... u r my everything

Untuk Sahabat masa Kecilku


Tak biasanya aku begini...

Terjebak dalam kenangan masa lalu  yang kukira telah padam.

Jangan salah menyangka, ini bukan urusan cinta, ini hanyalah sepenggal cerita  yang sempat tertunda. Betapa ingin aku kembali ke masa itu,  kembali mengulang seuntai cerita, yang  hanya bisa kukenang setengahnya, aku percaya kau punya kepingan itu untuk melengkapinya. Dan bila  saatnya tiba kita bisa tersenyum bahagia menikmatinya.

Ah masa lalu, mengapa lambaianmu selalu membuatku tersipu

Aku mencoba mengingatnya, tak ingin tergesa karena takut itu akan memadamkannya, ada percikan kecil yang coba kutangkap, tapi tak bisa... aku hanya bisa melihatnya samar dan semakin menjauh..

Maukah kau berjanji, bila akhirnya takdir mempertemukan kita lagi, kau mau menemaniku merangkai kenangan itu. Aku tak ingin membuat kau marah, aku hanya menginginkan  akhir sebuah kisah. Aku tahu kau telah lama terbelenggu oleh kisah itu, bukankah sekarang saatnya kita membukanya bersama dan meletakkan kembali potongan yang salah   kembali ketempatnya, agar tak ada kecewa tak ada curiga apalagi amarah.

 Duhai kau sahabat masa kecilku, tak sabar rasanya kita bertemu...untuk menutup tahun tahun yang tlah lewat....
Ada elegi disetiap kisah,  mungkin itu pertanda bahwa antara kita memang istimewa, seistimewa persahabatan  kita dulu, ....

Jelang February


Tik tok tik tok...
Jarum jam bergerak pelan  seolah tanpa beban.

 Aku masih disini, berusaha berkawan dengan senyapnya malam dan merengkuh kesunyian dalam diam.
Banyak cerita yang ingin kuurai, tapi tak satupun kata yang mampu terucap..aneh!

Kumulai dengan episode menulisku.. ada secercah harapan yang makin erat kugenggam, paling tidak aku semakin berani melanjutkan. Tak apa bila sebagian kalian meremehkanku, bagiku itu biasa. Tak penting bila kalian mencibirku, karena itu bukan lagi urusanku.

Hei,  masa lalu kau menyapaku dengan gemuruh, celotehmu penuh rindu... tak pernah aku sebahagia ini memaknai kenangan. 
Ada kerlip  indah setiap mengingatmu, dan sketsa itu meretas tajam dalam ingatan, bukan lagi bayang kabur, ia sudah membentuk sebuah wajah.. dan aku mengingatnya.

Esok kan berganti kisah,  aku akan menyiapkan diri untuk membuka lembaran baru di bulan yang baru...selamat tinggal Januari... maaf kau kutinggal untuk kujemput kembali di tahun mendatang,. Sekarang waktuku untuk menyambut harapan baru...

Untuk kau Februariku,
Kumohon, dekatkan indahmu, karena aku ingin memelukmu dalam senyum penuh harapan... aku sudah menyiapkan setangkup impian untuk kugenggam..
kau tak boleh pergi tanpa meninggalkan jejak...
Aku tlah berjanji untuk memknaimu dengan indah, lewat karya dan doa

The Unidentified Sounds called GOSSIP


Kadang bila jenuh, aku akan membaca, setidaknya itu bisa melenyapkan fikiran-fikiran negativ yang berputar tak terkendali di kepalaku. Sejenak itu membuatku lupa akan problema hidup yang tak kunjung surut dan mereda.

Hiruk pikuk keramaian dan bisingnya kendaraan kadang lebih nyaman kudengar ketimbang bisikan pelan tak jelas sumbernya yang berusaha mengoyak ketenangan dan emosiku. Ah dunia, memang tak kan indah warnanya bila yang kulihat hanya yang itu- itu saja. Aneh, bahkan dalam diam dia menghujam tanpa ampun. Betapa hebat makna dari sebuah kata.

Tak perlu mengepalkan tangan, tak perlu membulatkan mata atau memajukan bibir, deritanya lebih menyiksa. Aku hanya bisa berkata pelan “ dasar nyinyir”. Lebih baik ku diam dan kembali menata hidupku sendiri daripada berkubang dendam yang tak kunjung selesai.

Aku bukan orang yang penyabar, tapi bila yang kuhadapai adalah  bayangan hitam yang nggak jelas wujudnya, mungkin lebih bijaksana bila aku tak ceroboh. Aku bahkan tak tahu maksud dan tujuannya, mungkin ini hanyalah pesan tak jelas yang sengaja dibuat untuk membuatku resah.

Seharusnya aku bangga, karena ternyata hidupku yang kukira sederhana dan biasa saja telah membuat paling tidak satu oknum tertarik luar biasa. Mungkin sebaiknya kubiarkan saja suara-suara tanpa jejak itu menyanyikan kicauannya. Mungkin  itu bisa membuat hidupnya yang sepi menjadi lebih berirama.

Tak apa, aku rela...

Lolos Event Curcol-2 Ternyata Aku Mampu


Buka Fb, dapet berita bagus, alhamdulillah, banyak event yang ketinggalan, tapi insyaAllah makin semangat mengejar. Aku nggak mau ketinggalan lagi... 
Dear Friends, doain yach.. bukunya cepat terbit.. lumayan bisa berkontribusi 2 cerita dalam buku ini. 

PENGUMUMAN PEMENANG CURCOL-2 'TERNYATA AKU MAMPU'
By Rumah Buku Pustaka Ilmu in Inspirasi-Ku ·  Edit Doc
Selamat pagi sahabat Inspirasi-Ku,

Wah sudah tidak sabar rupanya ya menunggu pengumuman pemenang Curcol-2?
Tenang.. tenang.. Hari ini sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, pemenang Curcol-2 akan diumumkan.

Tapi sebelumnya perlu saya sampaikan,  bahwa saya sangat terkesan dengan semua naskah curcol yang masuk. Kisah hidup yang penuh inspiratif. Di balik kekurangan dan segala keterbatasan ternyata hambatan sebesar apapun mampu dihadapi. Dengan penuh semangat dan keyakinan, sebuah keraguan ditepis hingga sirna dan berganti menjadi sebuah kesuksesan dan kebahagiaan.

Ya, ternyata Kita ‘Mampu’ jika  kita yakin dan percaya bisa melakukannya. Tuhan dan semesta akan menggiring dan menghantar kita pada sebuah titik pencapaian yang terbaik.

Dan inilah para pemenang yang lolos dalam CURCOL-2 ‘Ternyata Aku Mampu’ ini :

Pemenang 1       :               Binar Chandra – Wanita Penulis Kode
Pemenang 2       :               Awiek Libra – Liku Perjuanganku
Pemenang 3       :               Yunita Hentika – Doamu Membuatku Mampu

Dan 12 Peserta lainnya ialah :

  1. Dena Ambar Sary                   - Kubuktikan Bahwa Aku Mampu
  2. Ferawati                                  - Menulis? Ternyata Aku pun Bisa
  3. Raihan El Fakhrie                   - Aku Mampu
  4. Susvika Desita Chaniago        - Bermodal Kekuatan dan Perjuangan
  5. Marutha Kristian                     - Sepenggal Asa yang Terijabah
  6. Yoga Nurdiana Nugraha         -Ternyata Aku Mampu Membuatnya Diam
  7. Dian Cahyani                          - Tiga Besar Untuk Si Anak Pedagang Bakso
  8. Inayah Adi Oktaviana             - Ibu adalah Motivasi Terhebatku
  9. Wirasatriaji                              - Walau Tanpa Kemewahan
10.  Nina Rahayu Nadea                - Sebuah Pengakuan
11.  Micka                                      - Sabar Itu Indah
12.  Trya Puji Lestari                      - Bunda Semangatku!



Rabu, 01 Februari 2012

Anastasia Syndrome n other stories


Anastasia Syndrome n other stories




Spesifikasi BukuPenerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Pengarang : Mary Higgins Clark
Kelompok : Novel
Bahasa : Indonesia
Cover : softcover

Sinopsis :
Novel pendek Sindrom Anastasia mengisahkan pengarang sejarah terkenal Judith Chase yang tinggal di London. Judith yang menjadi yatim-piatu semasa perang Dunia II ingin menelusuri asal-usulnya. Ia menghubungi psikoanalis ternama untuk menghipnotisnya supaya mundur ke masa lalu. 

Ternyata Judith tidak sekedar mundur ke masa kanak-kanaknya, ia terjebak dalam pusaran sejarah yang menjadi tema buku-buku karangannya. Saat kembali ke masa kini, ia mulai sering menderita hilang ingatan. Sementara itu London mulai diteror berbagai bom. Apa yang terjadi saat Judith hilang ingatan? Siapakah yang menyebar teror bom itu?

Selain Sindrom Anastasia, buku ini juga berisi empat cerita lain yang tak kalah serunya. Cinta seorang murid sakit jiwa pada gurunya, istri yang curiga bahwa suaminya telah melakukan pembunuhan, roh saudara kembar yang membantu kembarannya yang terancam bahaya, dan usaha seorang ibu mencari putrinya yang dibawa lari suaminya. Dijamin anda akan terus membaca sampai halaman terakhir.

...menurutku.....

Hmm.... kalo biasanya Marry Higgins Clark menulis sebuah novel utuh bertema misteri, disini ada 5 cerita berbeda yang ingin disampaikan. Aku tahu setiap pengarang punya ciri masing masing, dan MHC punya ciri khas yang kuanggap sangat unik dan berkelas.

Aku mencoba menuliskan ciri khas dari novel-novel MHC, salah satunya adalah tokoh utama yang selalu wanita , biasanya berumur diatas 30 tahun, berkeluarga dan berkelas. Marry juga bukanlah penulis yang suka menjabarkan sex dengan vulgar, kesantunannya dalam berbahasa punya daya pikat sendiri. Aku mengoleksi hampir 20 novel karyanya dan tak pernah puas untuk menambah dengan koleksi yang lainnya.

Aku menyukai novel ini, meski singkat tapi uraiannya benar-benar hidup dan menambah wawasan. Berlatar cerita jaman kejatuhan Charles  1  ratusan tahun silam cerita ini sarat akan sejarah kelam kerajaan Inggris.

Aku tak percaya bahwa roh dari masa lalu bisa   hidup dalam tubuh kita dan mengendalikan diri kita, sedikit menyerupai Split Personality, dimana sang tokoh punya dua kepribadian yang sangat bertolak belakang.

Tokoh Judith Chase yang lembut, dan menyenangkan tiba tiba harus tergeser oleh pribadi baru dari masa lalu, Margareth Carew. Bukan tanpa alasan Margaret memilih tubuh Judith untuk digunakannya membalas dendam di masa lalunya. Baginya Judith sangat pas, dia akan bertunangan dengan  calon PM Inggris Stephen Hallet, seorang keturunan Simon Hallet yang telah menghianati dan menyakitinya di masa lalu.

Hati-hati ketika kau menyadari banyak waktumu yang tak bisa kau ingat sepenuhnya, seakan hilang tanpa jejak. Mengingatnyapun kau tak mampu. Mungkin saat itulah kepribadian baru telah mengambilalih dan menggunakan tubuhmu.
.